Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog SantriKuliah.my.id.


MUKODDIMAH
  
Segala puji bagi Alloh atas segala nikmatnya, baik yang nampak maupurn yang tersembunyi di masa lalu dan saat ini. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi-Nya dan Rosul-Nya, Muhammad beserta para Sahabatnya yang menolong agama-Nya dengan usaha yang sungguh-sungguh serta orang-orang yang mengikuti mereka yang mewarisi ilmu mereka -dan ulama itu pewaris para Nabi-. Muliakanlah para ulama tersebut sebagai pewaris dan yang diwarisi.
 
Amma ba 'du. (Kitab) ini merupakan ringkasan yang mencakup pokok-pokok dalil berdasarkan hadits bagi hukum-hukum syari'iat. Aku telah menulisnya dengan tulisan yang dapat dimengerti, agar orang yang menghapal (hadits-hadits)nya dapat mcngulang-ngulang di antara (waktu-waktu) yang sama. Juga agar seorang penuntut ilmu pemula dapat meminta bantuan (jika lupa akan satu hadits dan ingin menghapalnya lagi'pent) pada kitab ini dan orang yang menyukainya dapat puas dengannya.

Dan telah kujelaskan sumber semua hadits dari para imam yang me-riwayatkannya dengan tujuan menasehati umat, Adapun yang dimaksud dengan imam yang tujuh, yaitu Ahmad, al-Bukhori, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa-i, dan Ibnu Majah. Yang dimaksud dengan imam yang enam, yaitu para imam selain Ahmad. Juga yang dimaksud dengan imam yang lima, yaitu para imam selain al-Bukhori dan Muslim. Kadang-kadang aku juga mengatakan, "Imam yang empat dan Ahmad." Maksud dari imam yang empat adalah para imam selain tiga imam yang pertama (Ahmad, al-Bukhori, dan Muslim). Adapun maksud dari imam yang tiga, yaitu para imam selain (tiga yang pertama dan 'pent) selain yang imam yang terakhir (Ibnu Majah pent). Maksud dari Muttafaq 'alaihi, yaitu (riwayat) al-Bukhori dan Muslim. Dan terkadang pula aku tidak menyebutkan be-serta keduanya (al-Bukhori dan Muslim) selain keduanya. Dan apa yang selain itu, maka hal tersebut telah dijelaskan.

Aku menamakan kitab ini, "Buluughul Maroom min Adillatil Ahkaam." Aku memohon kepada Alloh agar tidak menjadikan apa yang kita ketahui itu akan mendebat kita dan sebagai kelusuhan. Dan agar Alloh memberikan kita amal yang diridhoi-Nya Subhanahu wa Ta 'ala.

Sumber: Bulughul Maram versi 2.0 © 1429 H / 2008 M Oleh : Pustaka Al-Hidayah 

Related Posts

“Orang yang niat belajar, apapun akan jadi pelajaran. Tapi orang yang tidak niat belajar, sedang belajar pun tidak akan jadi pelajaran.”
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram

  • Subscribe Our Newsletter


    Comment Policy :

    Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
    -Dilarang komentar spam
    -Dilarang komentar yang tidak berhubungan dengan topik
    -Dilarang meninggalkan link aktif
    -Dilarang komentar yang mengandung unsur SARA, p*rn*grafi, j*di.
    -Gunakan bahasa yang baik dan benar dll.. dsb.. dst.. Terima Kasih

    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "MUQODDIMAH KITAB BULUGHUL MARAM"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel